Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Contoh Silabus Pendidikan Kepramukaan Golongan Penggalang

Info .
Pendidikan kepramukaan merupakan ekstra kurikuler wajib pada kurikulum 2013 atau kurikulum Nasional

Anggota Gerakan Pramuka dibadakan menjadi beberapa tingkata berdasrkan kelompok umur ialah Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan Dewasa

Pada kesempatan kali ini admin menyajikan salah satu referensi silabus pendidikan kepramukaan tingkat penggalang yang dapat di unduh pada selesai artikel ini. namun sebelum itu alangkah baiknya sedikit mengingatkan perihal pengertian anggota gerakan Pramuka Golongan Penggalang.

Penggalang merupakan pramuka yang memiliki rentang usia 11-15 tahun. Usia ini biasanya paling banyak dikalangan SD kelas 4 hingga SMP kelas 9. Golongan ini merupakan golongan pramuka setelah Siaga. pada golongan Pramuka Penggalang sudah melakukan pendidikan sistem terpisah dimana Pramuka Penggalang Putra dipisah dengan Pramuka Penggalang Putri. 

Setiap anggota penggalang biasanya dikelompokkan dalam satu kesatuan kecil yang disebut regu. Setiap regu memiliki nama yang berbeda satu sama lain. Regu putra biasanya mengambil nama hewan, sedangkan regu putri biasanya menggunakan nama bunga sebagai identitas mereka.

Berdasarkan tingkat kecakapannya Pramuka Penggalang digolongkan dalam 4 tingkatan, yaitu, (1) Penggalang Ramu, (2) Penggalang Rakit, (3) Penggalang Terap, dan (4) Penggalang Garuda. 

Back To Top