Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Ini Dia 10 Kualitas Guru Efektif Yang Wajib Diketahui Guru

Info .
Pikirkan kembali dikala Anda masih bersekolah. Siapa guru yang menjadi favorit Anda? Siapa guru Anda paling anda takuti? Hampir semua orang eksklusif akan bisa menjawab dua pertanyaan ini. 

Kita semua pasti pernah memiliki guru yang hebat, dan sayangnya, sebagian besar dari kita punya guru yang tidak efektif. 

Lalu, kualitas apa yang menentukan seorang guru dapat disebut efektif dan tidak? 

Ini Dia 10 Kualitas guru yang efektif
  1. Guru yang efektif mencintai pekerjaannya mengajar. Guru yang tidak menikmati pekerjaannya tidak mungkin dapat bekerja efektif. 
  2. Guru yang efektif memperlihatkan sikap yang peduli. Mereka akan meluangkan waktu untuk mengenal siswa secara pribadi, namun tidak melewati batas sehingga korelasi tersebut tidak menjadi terlalu pribadi. Guru efektif tahu betul bagaimana untuk menyeimbangkan hal ini. 
  3. Guru yang efektif dapat berafiliasi dengan siswa nya. Guru-guru yang baik akan selalu bekerja keras untuk mencari tahu bagaimana membangun korelasi dengan masing-masing siswa. 
  4. Guru yang efektif bersedia untuk berpikir di luar kotak. Guru harus menemukan dan menerapkan seni administrasi yang berbeda pada setiap siswa.. Guru harus bersedia untuk menjadi kreatif dan adaptif dalam pembelajaran. 
  5. Guru yang efektif yaitu komunikator hebat. Tidak hanya terbatas kepada siswa, guru efektif juga harus menjadi seorang komunikator yang besar lengan berkuasa dengan orang bau tanah siswa serta orang-orang disekitar Anda. Jika ada kesulitan berkomunikasi dengan salah satu dari tiga kelompok ini, maka efektivitas sebagai seorang guru menjadi terbatas.
  6. Guru yang efektif proaktif daripada reaktif. Ini bisa menjadi salah satu aspek yang paling sulit bagi seorang guru. Tidak peduli seberapa baik Anda menyusun rencana, selalu akan ada kejutan. Namun, tindakan proaktif dapat mengurangi efek dari sesuatu yang tidak terduga ini, sehingga membuat Anda secara keseluruhan tetap lebih efektif.
  7. Guru yang efektif berusaha untuk menjadi lebih baik. Tidak peduli berapa lama Anda telah mengajar, pasti selalu ada yang gres setiap tahunnya, ada penelitian baru, teknologi gres dan alat-alat pendidikan gres dan bahkan kurikulum yang baru.
  8. Guru yang efektif menggunakan banyak sekali media pembelajaran. Generasi sekarang ini lahir di kala digital. Siswa-siswa ini telah dibombardir oleh banyak sekali kemajuan teknologi. Guru efektif harus bisa untuk menerapkan banyak sekali bentuk media yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
  9. Guru yang efektif menantang siswa. Itu berarti bahwa Anda menantang setiap salah satu siswa Anda dan memaksimalkan waktu Anda dengan mereka kemudian menguji mereka dengan sesuatu yang mereka anggap sudah tahu.
  10. Guru yang efektif memahami bahan yang mereka ajarkan dan tahu betul bagaimana untuk menjelaskan konten tersebut dengan cara cara yang mudah difahami siswa. 
Itulah 10 Kualitas Guru Efektif  yang dapat diterapkan oleh guru di sekolah. Memang tidak mudah, tapi kalau bersungguh-sunguh, Allah pasti membantu anda. 

Semoga bermanfaat, sumber: http://about.com/
Back To Top