Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Format Buku Jurnal Alat Tulis Kantor (Administrasi Sekolah)

Kepala sekolah profesional yaitu kepala sekolah yang melakukan peran pokok dan fungsinya sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 perihal Standar Kepala Sekolah/Madrasah meliputi: dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, supervisi, kewirausahaan, dan sosial. Selain itu, untuk meningkatkan profesionalisme kepala sekolah maka perlu dilaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Seorang kepala sekolah memiliki peran diantaranya adalah 
  • Melakukan perencanaan aktivitas dan rancangan pembiayaan untuk pengelolaan aset sekolah, 
  • Menyusun kebijakan dan aturan/tata tertib pelaksanaan pendidikan disekolah yang mendukung 
  • Peningkatan kualitas pengelolaan dan pemeliharaan aset sekolah, 
  • Membentuk tim/panitaia pengelola aset
  • Memimpin pelaksanaan aktivitas pengelolaan , mengawasi pelaksanaan dan mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan dan 
  • Menindaklanjuti hasil aktivitas pembangunan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana.
Manajemen Sarana-Prasarana Sekolah merupakan bab dari kebijakan perihal desentralisasi untuk memperbaiki layanan dasar pendidikan. Desentralisasi kewenangan untuk mengelola asset fisik menjadi tanggung jawab dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Tujuannya yaitu semoga sekolah dapat mencapai standar minimal pendidikan dan kabupaten/kota dapat mengalokasikan anggaran pemeliharaan dan perawatan berdasarkan pada gosip yang akurat dan mutakhir dari sekolah. 

Kepala sekolah bertugas sebagai pengelola sekolah yang memiliki peranan yang penting bagi pengembangan sekolah terkait dengan tugasnya tersebut. dan oleh alasannya yaitu itu, peningkatan kompetensi manajemen tata usaha sekolah/madrasah sesuai perkembangan ipteks yang semakin pesat dimana pengeloalaan pendidikan harus berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang dikehendaki, dalam melakukan pengelolaan pendidikan tentu saja kepala sekolah harus didukung dengan banyak sekali kelengkapan, jenis dan macam administrasi. dan salah satu manajemen yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah diantaranya yaitu Administrasi Sarana Prasarana, dan salah satu manajemen yang termasuk kedalam Administrasi Sarana Prasarana salah satunya yaitu Administrasi Pengelola aset yang meliputi salah satunya yaitu Buku Jurnal Alat Tulis Kantor, menyerupai yang tersaji pada gambar dibawah ini:
 Kepala sekolah profesional yaitu kepala sekolah yang melakukan peran pokok dan fungsi Unduh Format Buku Jurnal Alat Tulis Kantor (Administrasi Sekolah)
Download Format Buku Jurnal Alat Tulis Kantor
Sekian dan terima kasih semoga bemanfaat!!!
Back To Top