Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Format Buku Rekap Data Kebutuhan Barang Inventaris (Administrasi sekolah)

Perencanaan sarana dan prasarana sekolah merniliki peranan penting di dalam mewujudkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sarana dan prasarana. Kepala sekolah memegang peranan yang sangat secara umum dikuasai di dalam perencanaan ini, yang tentu saja harus melibatkan pihak-pihak terkait dan berkompeten dalam pengelolaan sarana prasarana sekolah. Perencanaan sarana dan prasarana sekolah menurut jangka waktunya terdiri atas perencanaan jangka panjang (untuk waktu 5 tahun) dan perencanaan jangka pendek (untuk waktu 1 tahun).

Sarana prasarana perlengkapan sekolah ialah semua barang yang diperlu- kan untuk menunjang peran penyelenggara pendidikan. Baik itu barang bergerak ataupun barang tidak bergerak. Barang bergerak dibagi dua:
  • Barang habis pakai
  • Barang tidak habis pakai
Dalam menyusun rencana kebutuhan hendaknya diperhatikan juga keadaan inventaris pada tahun-tahun sebelumnya (penambahan dan penggantian), dan diperhitungkan juga pegawai yang ada (menurut formasi yang telah ada), di samping adanya kekhususan peran yang ada. Rencana kebutuhan hendaknya dibuat untuk jangka waktu satu tahun anggaran. Setelah rencana kebutuhan per- lengkapan simpulan dibuat, selanjutnya disusun perencanaan biaya yang meliputi biaya-biaya pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, penyaluran, penginven- tarisasian, dan pembatalan biar jangan hingga ada acara yang tertinggal dalam penghitungan biaya yang diperlukan

Untuk melakukan pengelolaan pendidikan tentu saja kepala sekolah harus didukung dengan banyak sekali kelengkapan, jenis dan macam administrasi. dan salah satu manajemen yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah diantaranya yaitu Administrasi Sarana Prasarana, dan salah satu manajemen yang termasuk kedalam Administrasi Sarana Prasarana salah satunya yaitu Administrasi Pengelola aset yang meliputi salah satunya yaitu Format Buku Rekap Data Kebutuhan Barang Inventaris dalam format tersebut ada poin-poin yang tercantum dan harus diisi diantaranya yaitu sebagai berikut:
  1. Nama Barang
  2. Fungsi/Kegunaan
  3. Jml Seharusnya
  4. Jml Saat Ini
  5. Jml Dibutuhkan
  6. Unit/Bagian Pengguna
Download Format Buku Rekap Data Kebutuhan Barang Inventaris
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!

Back To Top