Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Nasrani dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK K13 Edisi 2016

Pendidikan Agama Nasrani (PAK) menjadi tanggung jawab keluarga, gereja, dan sekolah formal. Ketiga lembaga tersebut memiliki target capaiannya masing-masing meskipun ketiganya tidak mampu dipisahkan. Penyelenggaraan PAK di sekolah berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama RI, tetapi isi pemikiran (dogma) diserahkan kepada gereja. Oleh alasannya yakni itu kerjasama yang bersinergi antara keluarga, gereja dan sekolah perlu terus dibangun.

Penyelenggaraan PAK di masa kini menghadapi tantangan yang cukup berat menyangkut aneka macam perkembangan yang ada yang dapat menghipnotis kehidupan iman dan spiritualitas belum dewasa Nasrani Indonesia. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita menghadapi aneka macam permasalahan yang kompleks, menyerupai konflik yang seringkali diikuti dengan kekerasan, ancaman perpecahan atau disintegrasi bangsa, pelanggaran HAM, ketidakadilan sosial, pelecehan terhadap hukum, diskriminasi terhadap masyarakat marginal, kekerasan kepada perempuan dan anak-anak, reformasi dan demokratisasi yang disinyalir “jalan di tempat”, serta kemiskinan yang semakin membuat terpuruknya kehidupan bangsa ini.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bab dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik. 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan huruf akseptor didik lebih lanjut. Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
Untuk lebih terperinci dan detailnya silahkan anda Unduh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Nasrani Dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK K13 Edisi 2016 pada link yang telah tersedia dibawah ini:
Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Nasrani Dan Budi PekertiSMA/MA/SMK/MAK K13 Edisi 2016
Sekian dan terima kasih supaya bermanfaat!!!
Tag : KIKD, PAK&BP, SMA/SMK
Back To Top