Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Wajib SMA/MA/SMK/MAK K13 Edisi 2016

Tujuan mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah ialah untuk menyebarkan potensi penerima didik supaya memiliki kompetensi komunikatif dalam wacana interpersonal, transaksional, dan fungsional, dengan menggunakan banyak sekali teks berbahasa Inggris mulut dan tulis, secara runtut dengan menggunakan unsur kebahasaan yang akurat dan berterima, perihal banyak sekali pengetahuan faktual dan prosedural, serta menanamkan nilai-nilai luhur abjad bangsa, dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Untuk itu semua aspek pembelajaran (tujuan, materi, proses mencar ilmu mengajar, media, sumber, dan penilaian) diupayakan untuk mendekati penggunaan bahasa Inggris di dunia nyata di luar kelas. Dalam konteks tersebut, unsur kebahasaan (tata bahasa dan kosa kata, termasuk pengucapan dan penulisannya) lebih sempurna dilihat sebagai alat, bukan sebagai tujuan: alat untuk melaksanakan tindakan berbahasa secara benar, strategis, sesuai tujuan dan konteksnya. Langsung ‘melakukan’ tindakan yang ingin dikuasi ialah cara yang lebih alami.
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu 
  1. kompetensi sikap spiritual,
  2. sikap sosial, 
  3. pengetahuan, dan 
  4. keterampilan. 
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik. 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad penerima didik lebih lanjut. Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK K13 Edisi 2016
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!
Back To Top