Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Silabus Fisika SMA/MA Kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013 Edisi Terbaru 2016

Silabus merupakan teladan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran dimana dalam silabus fisika untuk kelas X,XI, dan XII paling sedikit memuat diantaranya adalah 
  • Kompetensi Dasar
  • Materi Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Analisis Lokasi Waktu
Silabus fisika untuk SMA kelas X, XI dan XII ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya.

Penyusunan silabus fisika untuk SMA kelas X, XI dan XIIdilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh akseptor didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan akseptor didik. 

Kegiatan pembelajaran pada silabus Fisika dapat diperkaya sesuai dengan sumber daya yang ada di daerah/sekolah dan akseptor didik. Pembelajaran dapat dikaitkan dengan objek dan fenomena yang terjadi di lingkungan terdekat. Selain itu dapat dikaitkan dengan konteks global misalnya perubahan iklim, pemanasan global, sumberdaya energi dan energi alternatif, serta perkembangan teknologi digital. 
 Silabus merupakan teladan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi  kajian mata  Unduh Silabus Fisika SMA/MA Kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013 Edisi Terbaru 2016
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.dimana Kurikulum 2013 berbagi dua proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran eksklusif dan proses pembelajaran tidak langsung. 

Proses pembelajaran eksklusif ialah proses pembelajaran yang berbagi pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan psikomotorik akseptor didik melalui interaksi eksklusif dengan sumber berguru yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis aktivitas. Karakteristik pembelajaran berbasis acara meliputi: interaktif dan inspiratif; menyenangkan, menantang, dan memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif; kontekstual dan kolaboratif; memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian akseptor didik; dan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik.
Download Silabus Fisika SMA/MA Kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013 Edisi Terbaru 2016
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!
Tag : Silabus
Back To Top