Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Sembilan Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling, Guru Wajib Tahu

Info .
Kegiatan konseling ialah kegiatan pelayanan dukungan oleh tenaga profesional kepada seorang atau sekelompok individu untuk pengembangan kehidupan efektif sehari-hari dan penanganan kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu dengan fokus eksklusif mampu bangkit diatas kaki sendiri yang bisa mengendalikan diri melalui penyelenggaraan banyak sekali jenis layanan dan kegiatan pendukung dalam proses pembelajaran. 

Sebagai kegiatan pelayanan BK memiliki beberapa macam pelayanan, diantaranya adalah:
a) Layanan Orientasi ialah jenis layanan BK yang khusus membantu penerima didik untuk memahami lingkungan baru, menyerupai lingkungan satuan pendidikan bagi penerima didik baru, dan obyek-obyek yang perlu dipelajari, untuk beradaptasi serta mempermudah dan memperlancar tugas di lingkungan gres yang efektif dan berkarakter. 
b) Layanan Informasi, yaitu layanan BK yang membantu penerima didik menerima dan memahami banyak sekali gosip diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan  pendidikan lanjutan secara terarah, objektif dan bijak. 
c) Layanan Penempatan dan Penyaluran ialah layanan BK yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang sempurna di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/ kegiatan studi, kegiatan latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler secara terarah, objektif dan bijak. 
d)  
e) Layanan Penguasaan Konten adalah suatu layanan BK yang fokusnya menunjukkan dukungan kepada peserta didik menguasai konten-konten tertentu, terutama kompetensi dan atau kebiasaan dalam melakukan, berbuat atau mengerjakan sesuatu yang berkhasiat dalam kehidupan di sekolah/madrasah, keluarga, dan masyarakat sesuai dengan tuntutan kemajuan dan berkaraktercerdas yang terpuji, sesuai dengan potensi dan peminatan dirinya.
f) Layanan Bimbingan Kelompok adalah jenis layanan BK yang menolong peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan korelasi sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melaksanakan kegiatan tertentu sesuai dengan tuntutan abjad yang terpuji melalui dinamika kelompok. 
g) Layanan Konseling Kelompok ialah jenis layanan BK yang menolong peserta didik dalam pembahasan dan pengentasan duduk perkara yang dialami sesuai dengan tuntutan karakter-cerdas yang terpuji melalui dinamika kelompok. 
h) Layanan Konsultasi ialah jenis layanan BK yang menolong penerima didik dan atau pihak lain dalam mendapatkan wawasan, pemahaman, dan cara-cara atau perlakuan yang perlu dilakukan kepada pihak ketiga sesuai dengan tuntutan karakter cerdas yang terpuji. 
i) Layanan Mediasi ialah jenis layanan BK yang menolong penerima didik dalam menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki korelasi dengan pihak lain sesuai dengan tuntutan karakter-cerdas yang terpuji.
Inilah sembilan jenis layanan BK yang wajib diketahui. terutama bagi guru, biar kegiatan Bimbingan dan konseling (BK) dapat menunjukkan layanan yang optimal kepada penerima didik.
Back To Top