Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Inilah Petunjuk Agar Sekolah Menerima Dana Bantuan SMK Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat

Info .
Keberadaan atau keberadaan SMK sekarang sudah semakin dirasakan oleh masyarakat alasannya dengan aneka macam prestasi yang diraihnya, para penerima didik SMK bukan hanya meraih prestasi tingkat nasional tapi sudah mencapai tingkat regional bahkan tingkar internasional.

Berbagai prestasi siswa SMK harus juga diketahui oleh masyarakat disekitar lokasi sekolah terutama dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat biar masyarakat dapat mandiri, berdikari dalam segala bidang setiap sendi kehidupan.

Pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pemberian dukungan berupa bahan bukan sebuah solusi yang mendidik, tetapi pemberdayaan masyarakat dengan memperlihatkan kecakapan hidup (life skills) akan lebih bermanfaat dan memperlihatkan solusi jangka panjang terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berbagai taktik yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh SMK dengan memperhatikan best practice dan bright spot yang dimiliki SMK serta expertice (kebisaan) yang dimiliki sekolah. beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam pemberdayaan masyarakat dapat diaplikasikan dalam bentuk:
  • Pelatihan kegiatan produksi;
  • Kegiatan  pelatihan pelayanan jasa
  • Pendampingan terhadap kegiatan usaha masyarakat untuk peningkatan kualitas dan produktivitas;
  • Pemberian peralatan hasil pembelajaran siswa dikombinasikan dengan pelatihan pengelolaan dan pemanfaatannya
Untuk menunjang kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh SMK, pemerintah menggulirkan kegiatan berupa Bantuan SMK dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat, kegiatan ini dibagikan kepada SMK yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan maksimal dan mencapat target sesuai dengan yang dibutuhkan maka pemerintah dalam hal ini Ditjen Pembinaan SMK, mengeluarkan petunjuk Teknis sebagai tumpuan bagi seluruh stakeholder terkait dari atas hingga ke bawah dalam rangka kegiatan Pemberian Bantuan Untuk SMK dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2015..
Download: Juknis Bantuan SMK Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat
Back To Top