Informasi Seputar Guru & Pendidikan

10 Langkah Menumbuhkan Minat Baca Anak Oleh Orang Tua

Info .
Meskipun sekolah yaitu lembaga formal daerah anak menempuh pendidikan, namun sebagian besar waktu yang dimiliki anak yaitu bersama lingkungan keluarganya, oleh karena itu biar proses dalam meningkatkan minat baca akseptor asuh memerlukan kerjasama dari banyak sekali pihak, pemerintah, sekolah, guru dan orang tua.
Baca: 7 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik 
Agar proses peningkatan minat baca dapat berjalan dengan efektif, selain guru yang kreatif, kurikulum yang mendukung daerah atau saran yang tersedia dan mudah dijangkau juga dibutuhkan beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan oleh orang bau tanah biar dapat mengakibatkan anak-anaknya gemar membaca:
  1. Temani anak anda dalam kegiatan membaca buku sebagai kegiatan rutin harian walaupun sebentar.
  2. Sediakan banyak sekali buku dan majalah sebagai sumber bacaan, sesuaikan dengan tingkatan umur dan pilihlah desain cover yang menarik, letakan buku pada banyak sekali daerah dengan posisi yang mudah dilihat dan dapat dijangkau dengan mudah bukan hanya diruang perpustakaan keluarga saja, tetapi dapat juga ditempat tidur, ruang keluarga, dll
  3. Sediakan waktu membaca untuk seluruh anggot keluarga, misalnya pada malam hari pada ketika seluruh keluarga masih berkumpul. kegiatan ini akan memaksa anak bahwa orangtunya pun masih suka membaca.
  4. Memberikan sokongan dan semangat pada setiap kegiatan membaca anak, dan sisipkan kebiasaan untuk mengisi kegiatan antar waktu untuk membaca ibarat ketika dikendaraan atau menunggu antrian dokter.
  5. Memantau kemampuan membaca anak, untuk langkah ini dapat dilihat dari nilai capaian mereka pada raport disekolahnya 
  6. Menemani dan membiasakan ke perpustakaan. langkah ini dapat diambil kalau terdapat perpustakaan yang dapat dijangkau, atau dapat pula dengan mengontrol kartu kunjungan perpustakaan sekolah
  7. Pada anak usia didni orang bau tanah harus memperhatikan dengan jeli kesulitan yang dimiliki anak dalam membaca buku misalnya, kesulitan melafalkan kata tertentu, atau tidak mengetahui makna kata sehingga orang bau tanah dapat fokus pada permasalahan yang ditemui oleh anak.
  8. Jika menerima permasalahan yang serius yang dirasa tidak dapat dieselesaikan dalam meningkatkan kemampuan membaca, maka dapat meminta pertolongan pihak ketiga terutama guru di sekolahnya biar permasalahan dalam membaca dapat terselesaikan dengan segera.
  9. Terkadang memperlihatkan perlindungan dengan metode yang biasa-biasa saja tidak memperlihatkan hasil yang positif oleh karena itu berikan perlindungan dengan berbgai alternatif, misalkan dlaam bentuk permainan.
  10. Hal terakhir yang terkadang dilupakan adalah, tunjukan secara konkret bahwa anda sangat antusias terhadap anak anda pada ketika ia sedang membaca, semakin anda antusias maka semakin besar motivasi anak karena merasa bahwa ia diperhatikan apalagi sambil memberiakn reward tertentu apabila ia sudah selesai menamatkan buku bacaan dan bisa menyerap isu dari buku yang ia telah baca.
Kemampuan membaca, dalam hal ini kemampuan dalam menyerap dan memahami isu dari bacaan akan menentukan kesuksesan akademis seorang anak, dan kemampuan membaca akan dapat dilatih dengan meningkatkan minat baca.

Semoga langkah-langkah sederhana dalam menumbuhkan minat baca tersebut dapat diterapkan oleh orang bau tanah atau dapat diinformasikan kepada orang bau tanah siswa. Terima kasih
Back To Top