Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Inilah Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2015

Info . Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ketika ini telah mengantarkan umat insan ke masa kompetisi global di banyak sekali bidang kehidupan. Era kompetisi global melahirkan tantangan pada banyak sekali aspek kehidupan umat manusia, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan pada masa ini harus bisa mempersiapkan sumber daya insan yang berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetitif, serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya. Realisasi pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif merupakan hal mutlak untuk dimiliki setiap penerima didik dalam menghadapi tantangan di masa kompetisi global.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dibutuhkan bisa memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bernafsu mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan anutan agama Islam yang berpengaruh dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, dibutuhkan setiap siswa madrasah bisa membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat ketika ini.

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2015 bertujuan untuk peningkatkan mu tu pendidikan Sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Tuhan SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.
Secara khusus tujuan KSM tahun 2015 yaitu sebagai berikut:
  1. Menyediakan wah an a bagi siswa Madrasah untuk membuatkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah.
  2. Memotivasi siswa madrasah semoga selalu meningkatkan kemarnpuan inte1ektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agarna.
  3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah.
  4. Memberikan kesempatan yang sarna bagi siswa madrasah dalarn belajar, berkreatifitas dan berprestasi. 
  5. Peserta KSM yaitu siswa dan siswi madrasah tingkat MI, MTs, dan MA yang berasal dari seluruh provinsi Indonesia (33 Kanwil Kemenag Provinsi) dan masih terdaftar sebagai siswa Zi pada ketika pelaksanaan KSM. Perwakilan tiap propinsi terdiri dari 1 siswa per mata pelajaran yang dilombakan untuk setiap tingkat MI, MTs, dan MA.
Syarat dan Ketentuan penerima KSM yaitu sebagai berikut   :
  1. Siswa yang mengikuti KSM yaitu siswa yang sah dan terdaftar secara resmi di madrasah, dibuktikan dengan kartu pelajar dan surat keterangan kepala madrasah serta raport terakhir.
  2. Siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas 4, 5, dan 6, Madrasah Tsanawiyah kelas 7, 8 dan 9, Madrasah Aliyah kelas 10, 11 dan 12 pada tahun pelajaran 2015/2016.
  3. Hanya mengikuti satu bidang lomba, dan siswa yang sudah pemah menerima medali emas tidak diizinkan untuk mengikuti bidang lomba yang sarna untuk tahun berikutnya.
Bidang  Yang  Dilombakan dalam KSM diantaranya yaitu sebagai berikut:
 Pesatnya    perkembangan    ilmu   pengetahuan     dan     teknologi   ketika      ini    t Inilah Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2015
Untuk Materi yang dilombakan yaitu sebagai berikut:
 Pesatnya    perkembangan    ilmu   pengetahuan     dan     teknologi   ketika      ini    t Inilah Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2015
Bentuk Tes teori akan diadaptasi dengan silabus KSM yang mengacu pada stan dar silabus SO/MI, SMP/MTs, dan MA/SMA nasional. KSM akan menguji tiga aspek, yakni
  1. Proses sains dan kemampuan berfikir
  2.  Konsep dan pengetahuan sains
  3. Kemampuan dalam aplikasi sains dan teknologi
Eksperimen / Eksplorasi
Eksperimen/Eksplorasi akan menguji kemampuan siswa/I dalam mendesain, menganalisis, memecahkan masalah, dan mengenali korelasi alasannya yaitu tanggapan antara gejala/ alasannya yaitu tanggapan yang sifatnya lebih mengarah ke aspek praktikal.
Baca Juga : Materi Pelatihan dan Besaran Dana Subsidi Yang Diterima Peserta Pelatihan Tata Kelola BOS SMP Tahun 2015
Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat!!
Tag : kemenag, KSM, Madrasah
Back To Top