Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Ini Caranya Menjadi Guru Yang Baik (Bagian 1)

Info .
Menjadi seorang guru yang baik dapat menjadi pekerjaan yang paling bermanfaat dan paling menarik di dunia, namun jikalau tidak bekerja secara efektif, pekerjaan menjadi guru dapat bermetamorfosis tekanan (stress), sakit, dan bahkan sangat melelahkan. 

Berikut ini yaitu beberapa tips menjadi guru yang baik yang mampu Anda terapkan.

Metode pertama :  Manajemen Kelas

1. Memberi contoh. Ingat bahwa Anda yaitu guru. Penting bagi Anda untuk berperan sebagai figur "pahlawan super" di mata siswa. Ingat bahwa siswa Anda selalu memperhatikan setiap gerak gerik Anda dan dengan demikian mereka akan mencoba untuk memalsukan disposisi Anda. Jika Anda berbuat agresif atau melaksanakan perbuatan yang tidak pantas, mereka akan menawarkan sikap yang tidak pantas dari perilaku mereka. Sangat penting bahwa siswa melihat Anda sebagai orang yang percaya diri, sehingga mereka akan dengan senang hati mengikuti langkah Anda, dan mereka akan merasa nyaman mempercayai Anda. Siswa dari tingkatan usia apapun, membutuhkan seseorang dimana mereka mampu bersandar, merasa diperhatikan, dan mampu mereka percayai.

2. Memiliki konsekuensi yang jelas. Mengatur konsekuensi spesifik bagi siswa yang melanggar aturan. Putuskan apa saja konsekuensi yang akan mereka dapatkan, kemudian menerapkannya secara konsisten. Konsekuensi tersebut harus mengikuti sebuah prosedur yang dapat dimulai dengan sinyal non-verbal menyerupai hanya melihat siswa, kemudian sinyal verbal berupa peringatan secara lisan, misalnya meminta siswa untuk berhenti berbicara, jikalau ini terus berlanjut maka akan ada konsekuensi berikutnya. Konsekuensinya terserah Anda atau tergantung pada kebijakan sekolah. Namun intinya yaitu konsekuensi yang diberikan tersebut harus bersifat edukatif dan dapat memberi efek jera.

3. Berbelas kasih. Seorang guru yang andal dapat membentuk korelasi yang besar lengan berkuasa dengan siswanya dan menawarkan bahwa mereka peduli sebagai sesama manusia. Guru harus ramah, terbuka, antusias dan peduli, Mereka akan selalu terbuka untuk membantu siswa bahkan pada ketika diluar jam sekolah sekalipun.

4. Membuat beberapa aturan dasar. Anda setidaknya harus memiliki 3-5 aturan dan siswa anda harus tahu perihal hal ini. Ini yaitu aturan yang harus dipatuhi oleh semua siswa sesuai konsekuensi yang telah diuraikan di atas. Untuk membuat aturan ini cobalah untuk berdiskusi dalam kelas kemudian siswa di minta untuk memberi beberapa masukan. Hal ini akan membuat siswa merasa di dengar dan di perhatikan, ini juga akan mengambarkan bahwa Anda peduli terhadap pendapat dan masukan dari mereka, disamping itu, nantinya merekapun akan patuh alasannya yaitu peraturan tersebut dibuat bantu-membantu mereka dan atas akad bersama. Selanjutnya Anda hanya bertindak sebagai mediator untuk memastikan bahwa aturan tersebut dapat diterapkan dengan benar. Beberapa aturan yang mungkin, misalnya, kelas harus hening ketika guru sedang berbicara, saling menghormati, dan menyelesaikan pekerjaan rumah dan mengerjakan peran di kelas.

5. Cobalah menjaga lingkungan yang kreatif.

6. Menjaga ketenangan di dalam kelas.

7. Jangan biarkan siswa Anda murung dan muram ketika mereka datang kepada Anda dengan membawa duduk perkara mereka. Masalah tersebut mampu saja berkaitan dengan pelajaran atau mampu jadi diluar bahan pelajaran, cobalah untuk selalu membantu siswa,  gunakankan banyak sekali media yang ada menyerupai internet atau perpustakaan. Disamping hal ini juga akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda berdua.

8. Bertanya secara verbal kepada siswa perihal dasar-dasar sebelum anda melanjutkan mengajar bahan secara lebih mendalam. Hapus basis poin yang tampaknya tidak diketahui oleh siswa Anda.

9. Ajukan pertanyaan yang lebih mendasar di kelas, daripada menanyakan sesuatu yang gres saja diajarkan. Setiap orang membutuhkan waktu untuk belajar, begitu juga siswa Anda.

10. Ciptakanlah persaingan dalam aspek faktual di kelas.

11. Cerdaslah untuk selalu mengalihkan perhatian siswa dari segala sesuatu yang lain kepada topik yang sedang di bahas semoga mereka menjadi lebih fokus.

12. Menarik minat siswa dalam topik bukannya memerintahkan mereka untuk belajar.

13. Fahami bahwa setiap topik yang ada dalam buku pasti memiliki beberapa aplikasi praktis. Jangan lupa untuk membahas bab tersebut alasannya yaitu itu juga merupakan hal yang paling penting.

Sumber: http://www.wikihow.com/
Back To Top