Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Inilah 7 Dosa Guru Yang Harus Anda Hindari

Info .
Menjadi seorang guru yakni profesi yang sangat mulia. Bagi sebagian orang, profesi guru yakni profesi favorit yang dianggap paling ideal, terlebih kalau kemudian dapat diangkat jadi CPNS (Amin!)

Untuk menjadi seorang guru yang baik dan ideal bahwasanya bukanlah hal sulit kalau mau mengikuti ketentuan yang berlaku dan menjalankan kewajibannya yang diamanahkan UU no 14 tahun 2005. Sebaliknya, guru yang tidak melaksanakan kewajibannya sesungguhnya telah melaksanakan “dosa besar” terhadap undang-undang. (baca juga: 13 Macam Penyakit yang Harus Dihindari Oleh Guru)

Berikut ini yakni 7 dosa yang sering dilakukan oleh seorang guru alasannya tidak menjalankan kewajibannya.

1. Tidak menawarkan proses pembelajaran yang bermutu. Salah satu yang diamanahkan UU No. 14 Tahun 2005 yakni guru wajib melaksanakan pembelajaran yang bermutu. Pada kenyataanya tidak sedikit guru yang mengajar tanpa memerhatikan metode pembelajaran, gaya berguru siswa, tidak menggunakan media pembelajaran dan tidak memahami bahan yang diajarkan. Hal ini dapat membuat pembelajaran menjadi tidak bermutu,

2. Tidak merencanakan proses pembelajaran sebelum masuk kelas. Sudah menjadi belakang layar umum bahwa berbagai guru yang tidak menyusun rencana proses pembelajaran (RPP) sebelum mengajar dikelas.

3. Tidak mengevaluasi hasil pekerjaan siswa baik itu di sekolah ataupun pekerjaan rumah (PR). Dosa ini termasuk dosa yang sangat parah dan akut. Selain tidak menghargai siswanya, guru ini juga sesungguhnya tidak menghargai dirinya sendiri dalam kapasitasnya sebagai seorang guru.

4. Tidak meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi. Guru model ini biasanya merasa sudah cukup mapan dengan kemampuan yang ia miliki, padahal sesungguhnya ia perlahan menjadi guru yang tidak lagi berkompeten.

5. Tidak Objektif, Diskriminatif terhadap penerima didik dalam pembelajaran. Sadar atau tidak mau sadar banyak guru-guru kita melaksanakan diskriminatif terhadap siswa. Diskriminasi ini terutama terhadap status ekonomi orang renta penerima didik. Ingat diskriminatif dalam proses pembelajaran merupakan dosa.

6. Mengabaikan perundangan-undangan, hukum, isyarat etik guru, nilai agama dan etika

7. Merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Guru mempunyai kewajiban ganda untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Mengabaikan hal ini yakni dosa bagi seorang guru

Itulah 7 Dosa Guru Yang Harus dihindari. Semoga dosa ini tidak terbawa hingga akhirat. Amin. Semoga bermanfaat. sumber: Ini Dia 10 Ciri Guru yang Disenangi Siswa yang Wajib Anda Ketahui)
Back To Top