Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Berdasar Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015

Info . Pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang dilakukan menggunakan banyak sekali cara, antara lain observasi, penilaian proyek, dan portofolio. Berkaitan dengan penilaian terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.
  • Penilaian yang dilakukan pendidiktidak hanya penilaian atas pembelajaran of learning penilaian sebagai pembelajaran
  • Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Dasar 
  • Penilaian menggunakan pola kriteria, yaitu penilaian yang membandingkan capaian penerima didik dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil penilaian seorang penerima didik, baik formatif maupun sumatif, tidak dibandingkan dengan hasil penerima didik lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang ditetapkan. 
  • Kompetensi yang ditetapkan merupakan ketuntasan mencar ilmu minimal yang disebut juga dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  • KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dengan mempertimbangkan karakteristik penerima didik, karakteristik mata pelajaran dan kondisi satuan pendidikan.
  • Penilaian dilakukan secara terpola dan berkelanjutan,artinya semua indikator diukur, kemudian jadinya dianalisis untuk menentukan KD yang telah dan yang belum dikuasai penerima didik, serta untuk mengetahui kesulitan mencar ilmu penerima didik.
  • Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa kegiatan remedial bagi penerima didik dengan pencapaian kompetensi di bawah ketuntasan dan kegiatan pengayaan bagi penerima didik yang telah memenuhi ketuntasan. Hasil penilaian juga digunakan sebagai umpan balik bagi pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian sikap yaitu penilaian terhadap kecenderungan perilaku penerima didik sebagai hasil pendidikan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dengan penilaian pengetahuan dan keterampilan, sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. dimana penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian dan membina perilaku serta akal pekerti penerima didik sesuai butir-butir sikap dalam Kompetensi Dasar (KD) pada kompetensi sikap spiritual (KH-I) dan kompetensi inti sikap sosial (KI-2).

Penilaian sikap dilakukan oleh guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling (BK) dan wali kelas , melalui observasi yang dicatat dalam jurnal berikut yaitu teknik penilaian sikap
 Pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap Unduh Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Berdasar Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015
Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan penerima didik berupa pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif, serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian ini berkaitan dengan ketercapaian Kompetensi Dasar pada KI-3 yang dilakukan oleh guru mata pelajaran. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan banyak sekali teknik penilaian. Pendidik menetapkan teknik penilaian sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai. 

Berbagai teknik penilaian pengetahuan dapat digunakan sesuai dengan karakteristik masing-masing KD. Teknik yang biasa digunakan yaitu tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Namun tidak menutup kemungkinan digunakan teknik lain yang sesuai, misalnya portofolio dan observasi. Skema penilaian pengetahuan dapat dilihat pada gambar berikut.
 Pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap Unduh Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Berdasar Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015
Penilaian keterampilan yaitu penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik terhadap kompetensi dasar pada KI-4. Penilaian keterampilan menuntut penerima didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu. Penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pengetahuan yang sudah dikuasai penerima didik dapat digunakan untuk mengenal dan menyelesaikan problem dalam kehidupan sesungguhnya 

Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan banyak sekali teknik antara lain penilaian praktik/kinerja, proyek, dan portofolio. Teknik penilaian lain dapat digunakan sesuai dengan karakteristik KD pada KI-4pada mata pelajaran yang akan diukur. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau skala penilaian (rating skale) yang dilengkapi rubrik. dan berikut ini yaitu bagan penilaian keterampilan:
 Pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap Unduh Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Berdasar Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015

dimana pelaksanaan penilaian diawali dengan pendidik merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang dijabarkan dari Kompetensi Dasar (KD) pada setiap pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa mendownload Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan cara klik disini
Unduh juga:
Sekian dan terima kasih biar bermanfaat!!
Back To Top