Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berdasar Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015

Info .  Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memeroleh info atau data mengenai proses dan hasil mencar ilmu siswa. Penilaian dilakukan dengan cara menganalisis dan menafsirkan data hasil pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi info yang bermakna dalam pengambilan keputusan. 

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pembelajaran berbasis kegiatan yang bertujuan memfasilitasi siswa memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal ini berimplikasi pada penilaian yang harus meliputi sikap, pengetahuan,dan keterampilan baik selama proses (formatif) maupun pada final periode pembeajaran (sumatif). 

Berikut yaitu beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan penilaian:
  1. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Dasar (KD) pada  Kompetensi Inti (KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4).
  2. Penilaian menggunakan pola kriteria, yaitu penilaian yang dilakukan dengan membandingkan capaian siswa dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil penilaian baik yang formatif maupun sumatif seorang siswa tidak dibandingkan dengan skor siswa lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan. 
  3. Penilaian dilakukan secara terjadwal dan berkelanjutan. Artinya semua indikator diukur, kemudian akibatnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar (KD) yang telah dikuasai dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan mencar ilmu siswa . 
  4. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa jadwal peningkatan kualitas pembelajaran, jadwal remedial bagi siswa yang pencapaian kompetensinya di bawah KBM/KKM, dan jadwal pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi KBM/KKM. Hasil penilaian juga digunakan sebagai umpan balik bagi orang tua/wali siswa dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa. 
Penilaian sikap yaitu kegiatan untuk mengetahui kecenderungan perilaku spiritual dan sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari di dalam dan di luar kelas sebagai hasil pendidikan. Penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian/perkembangan sikap siswa dan memfasilitasi tumbuhnya perilaku siswa sesuai butir-butir nilai sikap dalam KD dari KI-1 dan KI-2.

Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi oleh guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran), guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas (selama siswa di luar jam pelajaran) yang ditulis dalam buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Jurnal berisi catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertentu (incidental record), dan info lain yang valid dan relevan. selain itu, penilaian diri dan penilaian antarteman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan abjad siswa, yang akibatnya dapat dijadikan sebagai salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. 

Penilaian sikap terdiri dari diantaranya adalah 
  1. Observasi, 
  2. Penilaian diri 
  3. Penilaian Antarteman
Penilaian pengetahuan yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir tingkat rendah sampai tinggi. 

Berbagai teknik penilaian pengetahuan dapat digunakan sesuai dengan karakteristik masing-masing KD. Teknik yang biasa digunakan antara lain tes tertulis, tes lisan, penugasan, dan portofolio. Teknik-teknik penilaian pengetahuan yang biasa digunakan antara lain meliputi
  1. Tes Tertulis 
  2. Tes Lisan
  3. Penugasan
  4. Portofolio 
Penilaian keterampilan yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengetahui  kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan untuk melaksanakan peran tertentu di dalam aneka macam macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan aneka macam teknik, antara lain penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Teknik penilaian keterampilan yang digunakan dipilih sesuai dengan karakteristik KD pada KI-4. 
Teknik penilaian keterampilan meliputi diantaranya adalah 
  1. Penilaian Kinerja 
  2. Penilaian Proyek 
  3. Penilaian Portofolio
Dalam Pelaksanaan Penilaian ada beberapa hal yang harus di perhatikan diantaranya yaitu sebagai berikut
  1. Sikap Spiritual, (penilaian sikap spiritual dilakukan secara terus-menerus selama satu semester. Penilaian sikap spiritual di dalam kelas dilakukan oleh guru mata pelajaran).
  2. Sikap Sosial, (seperti pelaksanaan peniaian sikap spiritual, penilaian sikap sosial dilakukan secara terus-menerus selama satu semester. Penilaian sikap sosial di dalam kelas dilakukan oleh guru mata pelajaran).
  3. Pengetahuan, ( Penilaian pengetahuan dilakukan untuk menilai proses dan hasil mencar ilmu siswa. Penilaian tersebut dilakukan selama kegiatan mencar ilmu mengajar (KBM) sedang berlangsung, penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian final semester (PAS).
  4. Keterampilan,  ( Penilaian keterampilan dilakukan melalui teknik penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio yang dilaksanakan setelah pembelajaran satu atau beberapa KD dari KI-4. Teknik penilaian yang dipakai untuk setiap KD bergantung pada isi KD. 
  • Penilaian Kinerja 
  • Penilaian proyek
  • Penilaian portofolio
Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa mendownload Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama Tahun 2015 dengan cara klik disini
Sekian dan terima kasih biar bermanfaat!!!
Back To Top