Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Lima Jenis Program Layanan Bimbingan dan Konseling

Info .
Layanan Bimbingan dan konseling akan berhasil jikalau memiliki program, dalam satu tahun pelajaran seorang guru BK atau Konselor harus menyusun aktivitas secara lengkap.

Berikut ini ialah jenis-jenis aktivitas layanan Bimbingan dan Konseling selama satu tahun pelajraan berdasarkan waktu pelaksanaannya:
  1. Program Harian ialah aktivitas pelayanan BK yang dilaksanakan pada hari-hari tertentu dalam satu minggu. Program harian merupakan pembagian terstruktur mengenai dari aktivitas mingguan dalam bentuk Satuan Layanan (SATLAN) atau Rencana Program Layanan (RPL) dan/atau Satuan Kegiatan Pendukung (SATKUNG) atau Rencana Kegiatan Pendukung (RKP) pelayanan BK. 
  2. Program Mingguan ialah aktivitas pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu ahad yang merupakan jabaran aktivitas bulanan. 
  3. Program Bulanan, yaitu aktivitas pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu bulan yang merupakan jabaran aktivitas semesteran. 
  4. Program Semesteran, yaitu aktivitas pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu semester yang merupakan jabaran aktivitas tahunan. 
  5. Program Tahunan, yaitu aktivitas pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu tahun anutan untuk masing-masing kelas (rombongan belajar) pada satuan pendidikan.
Semua perangkat tersebut harus disusun oleh para pelaksana Bimbingan dan Konselor di satuan pendidikan yang biasanya terdiri dari guru BK atau Konselor biar dapat memfasilitasi penerima didik secara sistematik, terprogram dan kolaboratif untuk bisa berdikari dalam menghadapi berbagai permasalahan kehidupannya.
Back To Top