Oleh
indocarid
Jumat, 20 Januari 2017
Info . Seperti yang di informasikan oleh Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Ditjen Pendidikan Menengah bahwa batas final Cut Off ke-1 BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember 2015 ialah tanggal 1 Juli 2015. dan dalam rangka penyuksesan penyediaan Data Pendidikan Menengah untuk penyaluran BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember 2015, Tim Dapodikmen Pusat telah melaksanakan beberapa langkah-langkah sebagai berikut :
- Penyempurnaan Aplikasi Dapdikmen
- Melakukan pengaktifan rujukan Semester Ganjil 2015/2016. Dengan demikian sekolah telah dapat melaksanakan update untuk dapat login dan melaksanakan proses periodikal pada semester ganjil tahun fatwa 2015/2016.
- melakukan proses kelulusan untuk siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015,
- melakukan proses kenaikan kelas, dan
- melakukan up date seluruh data pada semester Ganjil 2015/2016.
Berdasar pada hal tersebut diatas teman- sobat semua diminta melaksanakan Update data diantaranya ialah sebagai berikut:
- Login pada semester Genap 2014/2015 kemudian melaksanakan validasi dan sinkronisasi.
- Setelah selesai sinkronisasi, log out/keluar dari aplikasi kemudian lakukan refresh (ctrl + f5).
- Silahkan login ke semester Ganjil 2015/2016, kemudian melaksanakan proses update data berikut ini :
- Update data sekolah
Lakukan update data identitas sekolah dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data yang masih kosong dan edit data yang mengalami perubahan. Data pendukung Identitas sekolah meliputi: data periodik, sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran dilayani/Paket Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi. - Validasi dan Sinkronisasi
Setelah semua proses update data di aplikasi Dapodikmen (di komputer lokal) dilakukan maka proses selanjutnya ialah melaksanakan proses validasi dan sinkronisasi. Pada proses validasi pastikan invalid = 0 (nol) kalau telah melaksanakan penambahan data. Hasil dari update data melalui proses sinkronisasi dapat dilihat ketika login sebagai operator sekolah di administrasi Dapodikmen (laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. - Update data PTK
Lakukan update data PTK dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data penugasan di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin penugasan”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian penugasan PTK yang telah diisikan di Tahun Ajaran sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung PTK meliputi: data Anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis dan seterusnya hingga dengan data riwayat jabatan fungsional. - Update data Peserta Didik
Lakukan update data Peserta Didik dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data Peserta Didik yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin Data Periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung Peserta meliputi: data prestasi, beasiswa. - Melakukan Proses Kelulusan kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015
Silahkan login ke semester Ganjil 2015/2016 kemudian masuk ke tab Pesera Didik. Pilih dan berikan cek list pada pseserta didik yang akan diluluskan, untuk mempermudah pemilihan siswa kelas 12, pada tab penerima didik pilih tampilkan semua data, kemudian tekan kolom “tingkat kelas ketika ini” maka data siswa akan terkumpul sesuai rombelnya. Pilih siswa dan tekan shift untuk melaksanakan pemilihan siswa dan selanjutnya klik pada tombol “Proses bersama kelulusan”. Pada window proses kelulusan, isian “Keluar alasannya = pilih “Lulus”, isian “Tanggal Keluar sekolah” = isi “15 Mei 2015”, isian “Alasan” = isi “Lulus”. Proses selengkapnya diuraikan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen. - Update data Rombongan Belajar/Kenaikan Kelas
Sebelum melaksanakan proses Kenaikan Kelas ini, pastikan sudah melaksanakan kelulusan siswa ibarat point e). Lakukan update data Rombongan Belajar dengan melaksanakan proses kenaikan kelas, pada semester Ganjil 2015/2016 maka data rombongan mencar ilmu akan kembali kosong. Silahkan masuk menu “Kenaikan Kelas” dan lakukan proses kenaikaan kelas untuk seluruh rombongan mencar ilmu kelas X dan XI. Secara teknis setelah diklik menu “Kenaikan Kelas” maka ditampilkan form Naik Kelas, pilih salah satu rombel dan klik tombol “simpan dan tutup” , lakukan satu persatu untuk seluruh rombel. - Apabila pada semester Ganjil 2015/2016 terjadi perubahan anggota rombel dikarenakan ada perpindahan siswa atau anggota setiap rombel diatur ulang, maka lakukan perubahan dengan prosedur mengeluarkan siswa yang pindah/dipindah dari rombel lama kemudian dimasukkan ke rombel yang baru. Pengeditan nama rombel sebaiknya dilakukan setelah menyelesaikan proses kenaikan kelas untuk seluruh rombel. Bila anggota rombel semester ganjil 2015/2016 tidak sama dengan semester sebelumnya (sekolah mengadakan pengacakan anggota rombel), maka langkah yang dilakukan ialah membuat Rombel Baru dan memasukkan Siswa ke dalam rombel secara manual, pada jenis pendaftaran pilih “naik kelas”. Dalam hal ini tombol kenaikan kelas tidak digunakan
Proses teknis untuk melaksanakan update data pada Aplikasi Dapodikmen di Tahun Ajaran 2015/2016, dimana dalam pelaksanaannya dapat menyesuaikan dengan proses periodikal di Sekolah. (Sumber Dapodikmen)
Sekian dan Terima Kasih Semoga bermanfaat!!
Tag :
Dapodikmen