Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Inilah 8 Ciri Guru Yang Baik Guru Wajib Tahu

Info . Menjadi seorang guru yang baik tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi kita semua tahu bahwa kategori guru yang baik itu sifatnya sangat relatif dan bersifat subjektif. Berbeda dengan kategori guru profesional atau guru berprestasi yang sangat terperinci indikator penilaiannya dan juga ada kriteria ujiannya.

Nah, berbicara mengenai ciri ciri guru yang baik, mungkin diantara kita ada yang pernah membaca sebuah buku yang berjudul: Teacher Effectiveness Training

Dalam buku ini, sang penulis Thomas Gordon, mengemukakan setidaknya ada 8 (delapan) definisi guru yang baik, Namun uniknya, definisi ini justru diambil dari mitos umum wacana guru dan pengajaran.

Inilah 8 Ciri Guru Yang Baik yang harus diketahui oleh guru

1. Tenang dan tidak menunjukkan emosi yang menyala,
2. Tidak mempunyai prasangka yang buruk kepada penerima didiknya,
3. Dapat menyembunyikan perasaannya dari penerima didik,
4. Memandang semua penerima didik sama,
5. Mampu menciptakan lingkungan mencar ilmu yang menyenangkan, bebas, motivator, dan semangat,
6. Konsisten, tidak berubah-ubah pendirian dan jarang melaksanakan kesalahan,
7. Pandai, bijaksana dalam memperlakukan siswa dan bisa menjawab pertanyaan siswa,
8. Sanggup menawarkan derma secara maksimal kepada penerima didik.

Jika kita memperhatikan poin-poin dari ke delapan ciri tersebut diatas, kita dapat mengetahui bahwa ternyata  guru yang baik itu harus selalu lebih dalam segala hal dari pada orang-orang pada umumnya. Guru harus selalu lebih mengerti dan lebih memiliki ilmu pengetahuan serta lebih tepat dari orang-orang lain. Seakan akan dapat disimpulkan bahwa guru yang baik yaitu guru yang bisa mengatasi kelemahan insan lain!
Baca juga: Inilah 7 Dosa Guru Yang Harus Anda Hindari
Namun pada keyataannya, guru juga insan biasa yang memiliki banyak keterbatasan. Sehingga dapat dipastikan setiap guru memiliki kekurangan dan kelemahan selain juga banyak sekali kelebihan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Itu artinya, saat guru melaksanakan peran sebagai seorang pengajar, pendidik ataupun sebagai pembimbing, sifat-sifat manusiawinya akan selalu muncul. Oleh alasannya itulah mengapa guru sangat berkepentingan untuk terus meningkatkan kualitas diri dan profesionalismenya sepanjang waktu. (baca juga: Ini Dia 10 Ciri Guru yang Disenangi Siswa yang Wajib Anda Ketahui)

Atau, apakah ini hanya mitos saja? Hemm, silahkan simpulkan sendiri!
Back To Top