Oleh
indocarid
Rabu, 22 Maret 2017
Pada umumnya keberhasilan suatu aktivitas kegiatan yang dilakukan seseorang guru tentunya sangat ditentukan seberapa besar kualitas perencanaan yang dibuatnya. Seseorang yang melaksanakan kegiatan tanpa perencanaan dapat dipastikan akan cenderung mengalami kegagalan alasannya ialah tidak memiliki contoh apa yang seharusnya ia lakukan dalam rangka keberhasilan kegiatan yang ia lakukan. dan tentunya keberhasilan seorang guru menyebabkan penerima didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional harus disertai dengan persiapan yang matang, sebelum kita melaksanakan pembelajaran ada aneka macam kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku rujukan untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber berguru yang relevan, dan menentukan langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang biasa kita sebut RPP, dimana penyusunan RPP ini bukan hanya sekedar urusan persiapan administrative saja, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses, dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.dimana contoh pertama dari penyusunan RPP ialah KIKD, silabus dan standar isi.
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. dan Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP antara lain sebagai berikut:
a. Memperhatikan perbedaan individu penerima didik
b. Berpusat pada penerima didik
c. Berbasis konteks
d. Berorientasi kekinian
e. Mengembangkan kemandirian belajar
f. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
g. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atauantarmuatan
h. Memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi
Ada yang berbeda dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 dengan penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 dimana untuk penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini harus terintegrasi dengan pembelajaran; PPK, Literasi, 4C, dan Hots
- kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan berpikir/lebih luas dari HOTS):
- Critical thinking (berpikir kritik): proses konseptualisasi, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi melalui proses berpikir deduktif dan induktif (sintesis dari scriven dan paul, 1984; facione, dkk., 1995; scheffer dan rubenfield, 2000).
- Creativity (kreativitas): kemampuan membuatkan solusi, ide, konsep, teori, prosedur, produk. Inovasi ialah bentuk kreativitas (sintesis antara fullan, 2013 dan oecd, 2014)
- Collaboration (kerjasama): kemampuan kerjasama dalam kelompok baik tatap muka atau melalui komunikasi dunia maya untuk memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, membuat keputusan, dan negosiasi untuk mencapai tujuan tertentu (sintesis antara lai, 2011 dan dede, 2010)
- Communication (berkomunikasi): kemampuan mengemukakan pikiranatau pandangan dan hasil lain dalam bentuk lisan, tulisan, menggunakan it, dan kemampuan mendengar, kemampuan memahami pesan (revisi dari fullan, 2013, canada, 2014)
- HOTS (kemampuan berpikir)
- Literasi antara lain pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan, dll
- Karakter
Bagi Teman yang sedang menyusun sebuah RPP Sebagai Bahan Panduan Berikut ini Kami Sajikan untuk anda RPP SMP, SMA, dan SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Terintegrasi dengan pembelajaran PPK, Literasi dan Hots)
Terima Kasih Semoga Bermanfaat!!!
Tag :
RPP