Informasi Seputar Guru & Pendidikan

Download Format Buku Rangkuman Kebutuhan Pelatihan (Administrasi Sekolah)

Guru ialah pendidik profesional dengan peran utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

Seorang guru ialah ujung tombak dari keberhasilan pendidikan sehingga perlu melaksanakan upaya pembenahan baik secara internal maupun eksternal maka hal yang harus dipenuhi oleh guru dengan memahami dan mengusai kompetensi dasar yang dipersyaratkan Guna meningkatkan profesionalisme guru perlu dilakukan pelatihan dan penataran yang intens pada guru. Pelatihan yang diharapkan ialah pelatihan yang diadaptasi dengan kebutuhan guru yaitu pelatihan yang mengacu pada tuntutan kompetensi guru.

Guru dapat menyebarkan kompetensinya melalui mencar ilmu dari banyak sekali kegiatan pelatihan dari sekolah maupun dari luar sekolah. dengan demikian diharapkan guru akan bisa bersikap profesional dalam proses pendidikan dan pengajaran di kelas. Karena itu, sekolah wajib menyediakan pelatihan demi lahirnya guru-guru yang kompeten; sekolah wajib memiliki administrasi pengembangan kompetensi guru. 

Program pelatihan harus direncanakan, disusun, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan baik. dalam melaksanakan pelatihan, panitia pelaksana hendaknya mencatat rangkuman kebutuhan pelatihan yang meliputi diantaranya ialah jenis pelatihan, waktu pelatihan, lama pelatihan dan jumlah penerima yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut, yang kemudian dituangkan kedalam format buku rangkuman kebutuhan pelatihan menyerupai yang tersaji pada gambar dibawah ini:
Download Format Buku Rangkuman Kebutuhan Pelatihan 
Sekian dan terima kasih supaya bermanfaat!!!
Back To Top